Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner   
Home » » Mengenal Putra Mahkota Pewaris Kerajaan Thailand

Mengenal Putra Mahkota Pewaris Kerajaan Thailand

Posted by BeritaPeristiwa on Minggu, 16 Oktober 2016


World News - Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn yang relatif tidak dikenal akan mewarisi tahta kerajaan Thailand setelah Raja Bhumibol Adulyadej mangkat Kamis (13/10) kemarin.
Sebagai kepala negara, pangeran yang sudah dua kali bercerai itu juga akan mewarisi siklus kekacauan politik yang seperti tiada akhir di Thailand. termasuk kudeta, demonstrasi jalanan, dan kerusuhan politik.
Vajiralongkorn, 64, akan meneruskan kekuasaan monarki yang merupakan salah satu yang terkaya di dunia, dan dilindungi oleh salah satu hukum yang paling keras di dunia melawan penghinaan terhadap anggota kerajaan.
Dia lahir pada 28 Juli 1952, dan menyelesaikan pendidikan menengah di Inggris sebelum mengikuti pelatihan militer di Royal Military College, Australia, dan bergabung dengan Angkatan Bersenjata Thailand.
Pangeran punya minat yang sangat besar di dunia penerbangan setelah belajar menjadi pilot di Amerika Serikat, dan sempat menerbangkan jet tempur milik militer Thailand dan pesawat penumpang milik maskapai nasional Thai Airways.
Di luar itu, tak banyak berita tentang satu-satunya anak laki-laki Raja Bhumibol itu, karena galaknya hukum anti penghinaan terhadap anggota kerajaan yang membuat media tidak mengekspos dia.
Hukum yang melindungi kerajaan dari hinaan -- atau lese majeste (Prancis) -- di Thailand membawa ancaman penjara 15 tahun bagi siapa pun yang dinyatakan terbukti menghina raja, ratu, dan pewaris tahta.
Kasus-kasus yang dijerat dengan hukum kerajaan itu marak sejak kudeta Mei tahun lalu, sebagian malah ada yang dipenjara hingga 20 tahun, umumnya karena komentar di internet.
Istri, Skandal, dan Pesawat Jet
Pangeran Vajiralongkorn menikahi istri keduanya, Putri Srirasmi, pada 2001 dan empat tahun kemudian pasangan itu dikaruniai anak laki-laki, Dipangkorn Rasmijoti.
Namun kemudian sejumlah anggota keluarga sang Putri dituduh memanfaatkan hubungan mereka dengan kerajaan untuk mengeruk keuntungan pribadi. Pada 2014, Pangeran meminta agar istrinya itu dihapus dari daftar anggota kerajaan dan Srirasmi sendiri kemudian melepas statusnya sebagai anggota kerajaan.
Sedikitnya delapan kerabat Putri dipenjara dengan tuduhan lese majeste, termasuk kedua orangtuanya yang sudah berumur, kakak perempuan, dua saudara laki-laki, satu saudara ipar dan seorang keponakan. Srirasmi, walaupun tidak didakwa, akhirnya diceraikan.
Pangeran juga memiliki seorang anak perempuan dari pernikahannya yang pertama pada 1977 dengan Putri Soamsavali Kitiyakara, sebelum bercerai pada dekade 1980an.
Vajiralongkorn diyakini banyak menghabiskan waktunya di luar negeri, khususnya Jerman. Pesawat Boeing miliknya sempat disita pada 2011 ketika terjadi sengketa antara pemerintah Thailand dan sebuah perusahaan Jerman.

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 BeritaPeristiwa. All Rights Reserved. Powered by Berita Peristiwa
Template by Creating Website and Berita Peristiwa